UKTNAS 2015 : Tata Gerak - Naluri/Gerak Bebas  

Di dalam latihan Tata Gerak Merpati Putih disamping Sikap,Gerak Dasar, Gerak Di Tempat,Gerak Langkah, Rangkaian Gerak Di Tempat, Rangkaian Gerak Langkah,Gerak Praktis, Gerak Terikat, Tangkap Kunci ada yang dinamakan Gerak Naluri/Bebas. Dengan Pancingan Getaran kita keluarkan rangkaian gerak yang sudah kita latih bertahun-tahun di Merpati Putih dari tingkat dasar sampai tingkat kombinasi.

Biasanya gerakan yang kita latih terus-menerus berulang-ulang pada waktu latihan akan mewarnai pada gerak naluri ini. Yang membedakan gerak naluri dengan gerak bebas biasa adalah di kecepatan dan irama  geraknya, biasanya gerakannya mengalir dengan irama yang cepat, makanya biasanya sehabis melakukan gerak naluri selama 2 menit energi yang di keluarkan akan besar dan menguras tenaga kita.

Dan terkadang jika pancingan getaran kita masuk dengan di pancing gerakan yang melingkar kita susah mengontrol gerakan yang mengalir dan menyebabkan hilang keseimbangan makanya untuk awal-awal latihan kita bisa berlatih di tempat yang berpasir agar jika kita jatuh hilang keseimbangan kita jatuh di tempat yang aman. Jadi dalam melakukan gerakan naluri ini pikiran kita tetap sadar (bukan hilang kesadaran seperti kerasukan)dan kita masih menyadari tata gerak yang kita lakukan cuman gerakan yang keluar adalah murni gerakan naluri yang sering kita latih berulang-ulang.

Jadi jangan heran terkadang gerak naluri membuat peserta ujian jatuh berguling-guling seperti orang yang hilang kesadaran karena susahnya mengontrol gerak naluri dari pancingan getaran itu, makanya untuk itulah pentingnya berlatih tata gerak yang di ulang-ulang secara kontinyu secara terus-menerus dan jangan bosan.